Metode Sosiologi

Sosiologi sama halnya seperti ilmu pengetahuan yang memiliki cara atau metode untuk mempelajari objeknya. Beberapa metode tersebut adalah :

1.      Metode kualitatif

Metode mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan-bahan tersebut terdapat dengan nyata di dalam masyarakat. Dalam metode ini memiliki cabang metode yang lain, yaitu metode historis dan metode komparatif.

1.1.       Metode Historis

Metode ini menggunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam atau bahan-bahan sejarah untuk merumuskan prinsip-prinsip umum dan meneliti revolusi-revolusi penting pada masa lampau.

1.2.       Metode komparatif

Metode ini mementingkan perbendingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya untuk memperoleh perbedaan-perbedaan dan persamaan serta penyebabnya. Perbedaanp-perbedaan dan persamaan-persamaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan petunjuk-petunjuk mengenai perilaku masyarakat pada masa silam san masa sekarang serta mengenai masyarakat yang mempunyai tingkat peradaban yang berbedaa atau sama.

2.      Metode kuantitatif

Metode ini mengutamakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka, Sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan mempergunakan skala-skala, indeks, tabel dan formula-formula yang semuanya mempergunakan ilmu pasti atau matematika. Di dalam metode ini terdapat satu metode yaitu metode statistika. Metode statistika bertujuan menelaah gejala-gejala sosial secara sistematis.

3.      Metode induktif

Metode yang mempelajari suatu gejala yang khusus untuk mendapatkan kaidah-kaisah yang berlaku dalam lapangan yang lebih luas.

4.      Metode deduktif

Metode yang menggunakan proses sebaliknya, yaitu mulai dengan kaidah-kaidah yang dianggap berlaku umum untuk kemudian dipelajari dalam keadaan yang khusus.

5.      Metode empiris

Metode ini menyandarkan diri pada keadaan-keadaan dengan nyata didapat dalam masyarakat. metode empiris dalam ilmu sosiologi modern diwujudkan dengan research atau penelitian yaitu cara mempelajari suatu masalah secara sistematis dan intensif untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai masalah tersebut

6.      Metode rasionalitstis

Metode ini mengutamakan pemikiran dengan logika dan pikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah-masalah kemasyarakatan.

7.      Metode fungsionalisme

Metode fungsionalisme ini bertujuan untuk meneliti kegunaan lembaga-lembaga kemasyarakatan dan struktur sosial dalam masyarakat. Metode ini berpendirian pokok bahwa unsur-unsur yang membentuk masyarakat mempunyai hubungan timbale-balik yang saling mepengaruhi.

Metode-metode sosiologi di atas, bersifat saling melengkapi satu sama lain dan para ahli sosiologi sering kali menggunakan lebih dari satu metode untuk menyelidiki objeknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s