Mengapa sebagai warga negara dirasakan penting untuk memahami “budaya politik” dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara?

Almond dan Verba mendefinisikan budaya politik sebagai suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada di dalam sistem itu.

 

Tingkat kesadaran dan partisipasi politik masyarakat menentukan terhadap kemajuan budaya politik yang berkembang dalam sebuah negara. pada awal tahun 1998 bisa dikatakan sebagai awal perkembangan budaya politik di Indonesia. Pada saat itu masyarakat mulai berani menyuarakan aspirasinya dalam kegiatan demokrasi. Kegiatan seperti ini dilarang karena dianggap mengganggu keamanan dan ketertiban. Namun seiring berjalannya waktu, kita telah menjejakkan kaki di era reformasi yang syarat akan kebebasan dalam berpendapat dan berpolitik, sesuai dengan ideologi dan filsafat bangsa.
Budaya politik meliputi masalah legitimasi, pengaturan kekuasaan, proses pembuatan kebijakan pemerintah, kegiatan partai-partai politik, perilaku aparat negara, serta gejolak masyarakat terhadap kekuasaan yang memerintah. Kehidupan politik sangat memengaruhi kehidupan masyarakat karena juga memuat dunia keagamaan, ekonomi, dan sosial, serta kehidupan pribadi dan sosial secara luas.
Dengan memahami budaya politik, maka diharapkan terjadi partisipasi optimal warga negara dalam sistem politik. Partisipasi ini tercermin dalam tuntutan, tanggapan dan orientasinya terhadap sistem politik yang ada, serta mengoptimalkan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi jika terjadi gejolak antara sistem politik dan budaya politik di tengah masyarakat.

 

Budaya politik merupakan pola tingkah laku manusia yang berhubungan dengan sistem politik disuatu negara. Jadi budaya politik itu mencerminkan suatu kepedulian masyarakat terhadap negaranya, sehingga budaya politik itu dirasa sangat penting dalam mewujudkan cita-cita dan sistem politik yang dianut oleh negara itu sendiri.

Sumber:http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2071798-budaya-politik/#ixzz28ntxcujY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s